Mengenal Nama Obat Medis Untuk Wasir
Mengenal Nama Obat Medis Untuk Wasir

Mengenal Nama Obat Medis Untuk Wasir

Wasir adalah suatu kondisi yang menyebabkan pembuluh darah di anus membesar. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat terjadi pendarahan. Wasir dapat diobati berdasarkan tingkat keparahannya. Obat yang digunakan untuk mengobati wasir dapat berupa obat obatan salep, obat minum, dan operasi. Berikut adalah nama obat medis untuk wasir.

1. Obat Minum

Obat minum untuk wasir biasanya berupa obat antiinflamasi non-steroid (NSAID). Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di daerah anus. Beberapa nama obat yang bisa digunakan adalah ibuprofen, aspirin, dan naproxen. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri yang mungkin terjadi. Beberapa nama obat antibiotik yang dapat digunakan adalah metronidazole dan ciprofloxacin.

2. Obat Salep

Obat salep untuk wasir biasanya berupa obat antiinflamasi yang dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan. Beberapa nama obat salep untuk wasir adalah lidokain, lidokain plus pramoxine, dan hydrocortisone. Krim ini dapat dioleskan di daerah anus yang terkena wasir untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan.

3. Obat Oral

Beberapa obat oral dapat digunakan untuk mengobati wasir. Obat oral yang dapat digunakan adalah antispasmodik, misalnya hyoscyamine, dicyclomine, bentyl, dan donnatal. Obat oral ini bekerja dengan cara membantu melebarkan pembuluh darah di anus sehingga rasa sakit dan pembengkakan berkurang.

4. Obat Topikal

Obat topikal untuk wasir biasanya berupa salep yang mengandung bahan aktif seperti lidokain, pramoxine, dan hydrocortisone. Obat topikal ini dapat dioleskan di daerah anus untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan. Selain itu, obat topikal juga dapat membantu mencegah infeksi bakteri.

5. Operasi

Dokter spesialis mungkin merekomendasikan operasi untuk mengobati wasir yang parah. Operasi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan laser atau elektrokauterisasi untuk mengurangi pembuluh darah yang membesar. Operasi ini umumnya dilakukan hanya jika obat-obatan dan obat topikal tidak efektif.

Kesimpulan

Wasir dapat diobati dengan berbagai cara, termasuk obat minum, obat salep, obat oral, obat topikal, dan operasi. Penggunaan obat tergantung pada tingkat keparahan wasir. Beberapa nama obat yang dapat digunakan untuk mengobati wasir adalah ibuprofen, aspirin, naproxen, lidokain, lidokain plus pramoxine, dan hydrocortisone. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan antispasmodik, obat antibiotik, dan operasi untuk mengobati wasir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *